Kamis, 22 Maret 2012

prinsip patut di teladani Meraih Sukses ala Michael Jordan

Meskipun Michael Jordan sudah lama
pensiun, sosoknya sulit tergantikan di
NBA hingga kini. Ia bukan saja piawai
dalam memainkan bola basket, tetapi
prinsip hidupnya juga banyak yang
meneladani. Ia benar-benar profesional
dan menjalani profesinya nyaris dengan
sempurna. Prinsip hidupnya itu bisa
diterapkan di berbagai kehidupan.
Apa sebenarnya prinsip hidupnya
sehingga ia menjadi sosok sukses?
1. Ambil tanggung jawab
Sukses yang diraihnya bukan pemberian,
melainkan diraih dengan usaha keras. Ia
menyebutkan, ia sendiri yang
bertanggungjawab atas sukses-tidaknya
dirinya.
2. Cobalah
"Tak masalah gagal, setiap orang pasti
pernah gagal. Tapi saya tak bisa
menerima jika tak pernah mencobanya,"
ujarnya. Inilah kelebihan take action.
3. Jangan malu gagal
"Saya gagal memasukkan bola lebih dari
9.000 kali dalam karier saya. Saya kalah
dalam hampir 300 pertandingan.
Sebanyak 26 kali saya dipercaya untuk
mengeksekusi bola yang seharusnya
membawa tim saya menang, tapi
ternyata saya gagal. Saya berkali-kali
gagal, tetapi hal itulah yang membuat
saya sukses," ujarnya. Karena itu, tak
perlu malu saat gagal, justru itu
pembelajaran yang sangat berarti yang
akan mendorong seseorang untuk
sukses.
4. Komitmen
Sekali menentukan tujuan, setelah itu
tak pernah berpaling. "Game
(pertandingan bola bakset) itu adalah
istri saya, yang meminta loyalitas dan
tanggungjawab saya. Dan (sebagai
imbalannya) ia memenuhi keinginan
saya dan kedamaian," katanya. Itulah
makna komitmen. Karena itu, sekali
menentukan tujuan, setelah itu fokus
dan bekerja keras melakukannya.
5. Nikmati permainanmu
Dalam berbagai hal, orang sukses terjadi
karena ia mencintai pekerjaannya.
Dengan cinta yang dalam seseorang
hampir tak kenal capek dan selalu
bergairah untuk mengerjakannya.
Sebaliknya, tanpa cinta orang akan cepat
lelah dan bahkan asal-asalan
mengerjakannya sehingga prestasi besar
menjauh darinya. "Just play. Have fun.
Enjoy the game," kata Jordan.
6. Kejarlah kemenangan
Jika turun ke gelanggang jangan
menargetkan seri atau kalah.
Pancangkan tekad untuk menang. "Saya
main untuk memenangkan
pertandingan. Saya tak peduli apakah itu
latihan atau pertandingan sebenarnya.
Saya tak membiarkan sesuatu
mengganggu saya untuk
memenangkannya," katanya.
7. Egois tapi tetap sederhana
"Untuk sukses Anda harus
mementingkan diri sendiri, atau tidak
pernah mencapai apa yang diinginkan.
Namun setelah mencapainya, jangan
egois. Tetaplah bisa dijangkau. Jangan
menutup diri," kata Jordan.
8. Temukan jalannya
"Rintangan tidak harus menghentikan
Anda. Jika Anda berjalan lalu terhadang
tembok, jangan mengalah atau berbalik
arah. Cari cara untuk menaikinya atau
menembusnya. Jikat tidak bisa,
bekerjalah di sekitarnya," katanya.
9. Bangunlah keinginan sendiri
"Jika Anda menerima keinginan orang
lain, terutama yang negatif, Anda tak
akan bisa mengubah hasilnya (sesuai
keinginan Anda)," katanya. Hidup
dengan mengejar keinginan orang lain
hanya akan memenuhi keinginan
mereka. Maka jadilah diri sendiri, dan
kejarlah keinginan sendiri. Itulah moto
sukses Jordan.
10. Ambilah sekarang
Kebiasaan menunda kesempatan yang
datang sering kali disebabkan karena
seseorang takut mengambilnya. "Saya
tak pernah melihat apa akibatnya jika
saya gagal saat akan memasukkan bola.
Karena jika memikirkannya selalu
muncul pikiran-pikiran negatif," kata
Jordan. Karena itu lakukan saja saat
suatu peluang datang. Biarkan
konsekuensinya berjalan pelan-pelan
dan kalaupun itu bermasalah (gagal)
bisa diatasi setahap demi setahap.
Dengan prinsip seperti itulah Michael
Jordan meraih kesuksesannya. Apakah
Anda berani menirunya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

beri komentarnya ya..